3.19.2013

Artikel Sejarah Internet



Cikal Bakal Sejarah Internet Dunia


Saat ini dunia internet dan perkembangan teknologi informasi kian pesat tapi tahukah anda tentangperkembagan sejarah internet sejak pertama kali ? Dahulu internet adalah teknologi yang sulit dijangkau oleh orang kebanyakan karena penggunaannya sangat terbatas, tidak dikomersilkan dan butuh biaya yang mahal untuk mengoperasikan internet
Hal itu sangat wajar bila kita melihat kilas balik dari sejarah internet karena dahulu penggunaan teknologi internet hanya terbatas untuk keperluan riset negara-negara adikuasa seperti Uni Sovyet dan Amerika. Mungkin agak sulit dipercaya bahwa cikal bakal sejarah internet diawali dari uni sovyet, ketika pada tahun 1957 mereka meluncurkan sebuah satelit bernama sputnik. Peluncuran sputnik ini dirasakan sebagai ancaman oleh musuh besar mereka yaitu Amerika Serikat. Untuk itu Presiden Dwight D. Eisenhower melakukan antisipasi dengan menyatakan perlunya membangun sebuah teknologi yang membuat AS tetap sebagai negara superior. Keadaan inilah yang mencetuskansejarah internet dunia

sejarah internet dunia dan perkembangannya
Pada tahun 1969 Dibawah naungan Departemen Pertahanan Amerika Serikat / Departement of Defense (DoD) maka dibentuklah Advanced Research Project Agency (ARPA) yang bertugas untuk melakukan riset tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik yang dapat digunakan untuk keperluan komunikasi antara DoD dengan militer yang tidak dapat diintai atau di sabotage oleh negara lain. Jaringan komunikasi yang diciptakan oleh ARPA ini diberi nama sesuai dengan namanya yaitu ARPAnet yang pada awalnya ARPAnet hanya menghubungkan empat buah host saja, yaitu :
  • Standford Research Institut (SRI)
  • University of California at Santa Barbara (USCB)
  • University of California at los angeles (UCLA)
  • Univesity of Utah

Sejarah internet dan perkembangannya
Berikut ini akan kami paparkan tentang perjalanan singkat sejarah internet dan perkembangannya di dunia dari tahun ke tahun :
  • Tahun 1970, ARPAnet melaui sejumlah riset yang dilakukan di Stanford university berhasil menciptakan sebuah protokol yang disebut TCP/IP (transmissionControl Protocol / Internet Protocol) yang pada akhirnya merupakan protocol standar untuk tukar-menukar file antara pengguna internet.
  • Tahun 1971 telah mengembangkan jaringan komunikasinya yang terdiri dari 15 titik jaringan (nodes) dan 23 host sebagai server induk dan ditahun inilah Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program aplikasi e-mail (electronic mail) yang mulai diriset pada tahun 1970, kemudahan dan manfaat Program e-mail ini dalam bertukar pesan membuat e-mail sangat cepat populer
  • Tahun 1972, Proyek ARPAnet berkembang pesat diseluruh daeran dan hampir semua universitas di Amerika Serikat ingin memanfaatkan fasilitas teknologi internet ini sehingga ARPAnet kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu ARPAnet dipecah menjadi dua Yaitu ARPAnet untuk keperluan non militer dan MILNET yang dikhususkan untuk keperluan komunikasi militer amerika serikat. Gabungan dari kedua jaringan ini pada akhirnya dikenal dengan DARPA Internet dan agar lebih sederhana maka disebutlah Internet
  • Tahun 1973, Jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat dengan membentuk WAN (Wide Area Network) yang menghubungkan Amerika ke jaringan komputer Norwegia dan Inggris. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan ARPAnet.
  • Tahun 1976, lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network
  • Tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET
  • Tahun 1981 France Telecom berhasil menciptakan telpon televisi pertama yang memungkinkan orang bisa berkomunikasi sambil berhubungan dengan video link.
  • Tahun 1982 , TCP / IP (Transmission Control Protocol /Internet Protocol)  diresmikan sebagai protokl standar karena penggunaan jaringan komputer semakin hari semakin banyak maka dibutuhkan sebuah protokol yang sama agar dapat berkomunikasi dalam jaringan meskipun menggunakan aplikasi dan sistem operasi yang berbeda. Pada tahun inilah di Eropa muncul jaringan komputer EuNet yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia menyediakan layanan e-mail dan newsgroup
  • Tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain untuk mempermudah penyeragaman alamat di jaringan komputer yang ada,  sistim ini biasa dikenal dengan nama DNS atau Domain Name System. pada tahun ini lebih 1000 host telah tergabung dengan ARPAnet
  • Tahun 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
  • Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan.
  • Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web.
  • Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet.
  • Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.
Beriku sedikit sejarah tentang Internet Dunia, semoga bermanfaat J


1 komentar:

  1. ♥♦♣♠ PELANGI KOIN ♠♣♦♥

    TERSEDIA 8 PERMAINAN DALAM 1 USER ID :
    BANDARQ
    ADUQ
    BANDARPOKER
    POKER
    DOMINO99
    CAPSASUSUN
    SAKONG
    BANDAR66

    BANK TERSEDIA : BCA,MANDIRI, BRI, BNI, DANAMON
    NB : PENGGUNA BANK DAERAH ? ATAU PENGGUNA JASA TRANSFER ?
    KAMI TERIMA SEMUA JENIS NYA DAN PROSES SECEPATNYA DEPO & WD ANDA BOSS

    -DENGAN MINIMAL DEPOSIT SANGAT TERJANGKAU, 20 RIBU
    -MENYEDIAKAN BONUS KOIN TERBESAR & JACKPOT BERLIMPAH SETIAP HARINYA
    -TRANSAKSI SEMUA BANK 24 JAM,TANPA SYARAT
    -TIPS & TRIK JITU MENANGKAN JUTAAN KOINNYA SETIAP HARI DARI CS PROFESIONAL

    JANGAN RAGU LAGI, SEGERA DAFTAR, DAN MENANGKAN JUTAAN-RATUSAN JUTA KOIN NYA SETIAP HARI

    BOSS MENANG, KAMI SENANG
    WD TANPA BATAS

    WA: +855963935880
    BBM : E3F4F0DF
    LINE : PELANGIKOIN
    FB : PELANGI KOIN
    IG : PELANGI_KOIN

    ReplyDelete