3.18.2013

GERAK PARABOLA


Didalam kehidupan sehari - hari, teman-teman pasti sering melihat fenomena gerak parabola., contohnya saja permainan tenis, basket dan sebagainya. Permasalahannya disini adalah bagimana menghubungkan fisika  dengan fenomena gerak parabola tersebut.

Dalam  gerak parabola komponen yang terdapat didalamnya adalah komponen di sumbu x dan komponen di sumbu y. Untuk komponen disumbu x dengan kemiring tertentu kecepatannya adalah konstan,dari keadaan awal sampai keadaan akhir atau sering teman - teman sebut (GLB) sedangkan  untuk komponen sumbu y dengan kemiringan tertentu kecepatannya selalu mengalami perubahan atau sering teman - teman sebut sebagai GLBB.

Misalkan sebuah benda dengan kecepatan awal vo dilemparkan keatas dan membentuk sudut alpha. Komponen kecepatan awal disumbu x adalah   :


Sedangkan, komponen kecepatan awal di sumbu y adalah :

Komponen kecepatan pada saat t :
=> untuk  komponen kecepatan disumbu adalah sama pada saat kapanpun(GLB)
=> untuk komponen kecepatan disumbu y mengalami kecepatan yang berubah-ubah(GLBB). Dari titik awal sampai ketingggian maksimum mengalami perlambatan sedangkan dari titik tertinggi ke titik jatuh mengalami percepatan.Untuk menghitung kecepatan pada komponen sumbu y pada saat t bisa menggunakan rumus GLBB yang sudah di terangkan pada materi sebelumnya.

Menghitung kecepatan pada saat t :
dalam menentukan kecepatan ini maka harus dketahui dulu kecepatan v disumbu x  pada saat t nya dan kecepatan v di sumbu y pada saat t nya.

Rumus yang sering digunakan dalam mengerjakan soal gerak parabola :

1. Waktu tempuh untuk mencapai tinggi maksimum :





2. Ketinggian maksimum :





3. Jarak terjauh sampai menyentuh tanah :

 


TIPS 'N TRICK

Ini mungkin yang ditunggu-tunggu oleh teman - teman sekalian. Tips dan trick menhgerjakan soal tentang Gerak Parabola.  Mari mulai tipsnya :

1. Di dalam soal parabola sering sekali keluar pertanyaan tentang kecepatan saat di titik jatuh, padahal jika kita sudah mengetahui kecepatan awalnya maka teman - teman sudah mengantongi jawabannya. Apalagi kalo soalnya sudah mencantumkan kecepatan awalanya., teman teman tidak usah lagi mencarinya. Karena kecepatan awal = kecepatan akhir.

2. Ada kalanya soal menanyakan kecepatan maksimum benda dititik puncak, jika di soal sudah di ketahui kecepatan awalnya maka teman - teman hanya tinggal mengkalikan kecepatan awal tersebut dengan cosinus sudut yang dibentuk (cosinus menandakan komponen kecepatan terhadap sumbu x) . Karena dititik puncak tidak dipengaruhi komponen kecepatan terhadap sumbu y.

0 komentar:

Post a Comment