3.07.2013

Paragraf Deskriptif, Naratif, Ekspositif, Persuasif, dan Argumentasi


1.     Contoh Paragraf Deskriptif
Putri Lengkuas Putih adalah sebuah cerita rakyat, dia seorang gadis yang cantik, dia orangnya baik, memiliki kulit yang halus, dia memiliki rambut yang panjang, dan rajin bekerja membantu orang tuanya. Dia juga sabar menghadapi segala cobaan yang menghadapinya sehingga membuat hidupnya bahagia dengan adanya pangeran yang mau menjadikan dia sebagai istrinya.
2.     Contoh Paragraf Naratif
Dahulu kala, di sebuah desa kecil hiduplah sepasang suami istri yang hidup bahagia. Pekerjaan suaminya hanyalah seorang nelayan kecil.
Suatu hari, di saat sang suami pergi melaut untuk mencari ikan. Dia tidak mendapatkan seekor pun ikan dari hasil nelayannya, ketika dia ingin pulang tiba-tiba dia mendapatkan sebuah botol yang hanyut. Dia lalu mengambil botol tersebut dan membukanya. Tidak lama kemudian keluar asap tebal dari botol itu dan Nampak sesosok jin yang membuat nelayan terkejut dan ketakutan. Jin itu berkata “wahai manusia kau telah membebaskanku dari botol ini, Aku akan memberimu satu permintaan apa saja yang kamu mau. Nelayan itu lalu meminta permohonan agar setiap dia pergi mencari ikan dia akan mendapat ikan yang banyak. Setalah itu Jin pun mengabulkan permintaannya dan menghilang seketika. Kehidupan nelayan itu akhirnya bahagia.
3.     Contoh Paragraf Ekspositif
Penggunaan lahan untuk pertanian di wilayah Kota Solo semakin sulit ditemui. Selain itu wilayah Solo yang sempit, penggunaan lahan lebih diprioritaskan untum pembangunan sarana fisiktransportasi industri, pemukiman, dan sebagainya. Sifat tanah di Solo yang kering juga lebih mendukung penggunaan lahan untuk kepentingan nonpertanian.
4.     Contoh Paragraf Persuasif
Teman-teman yang saya cintai, marilah pertemuan ini kita petik hikmahnya. Silaturahmi kali ini hendaknya jangan dipergunakan sebagai pelampiasan pelepas rindu semata-mata. Namun, lebih dari itu jadikan silahturahmi ini sebagai ajang persaudaraan untuk bersama-sama memikirkan, sumbangan apa yang bias kita berikan kepada fakir miskin, dan yang ada di panti asuhan.
5.     Contoh Paragraf Argumentasi
Sekali lagi, kita patut bersyukur karena tampaknya kegiatan ospek di sekolah-sekolah sudah ada perubahan ke arah yang lebih bermakna positif. Sudah saatnya kita meninggalkan hal-hal yang buruk karena hidup ini sudah begitu keras untuk diperjuangkan, jangan ditambah lagi dengan kekerasan yang lain.

0 komentar:

Post a Comment